10 Reksa Dana Ini Babak Belur di Agustus, Siapa Saja Nih?

10 Reksa Dana Ini Babak Belur di Agustus, Siapa Saja Nih?

Jakarta,   CNBC Indonesia –  Indeks Harga Saham Ikatan (IHSG) pada perdagangan Kamis kemarin (10/9/20) terpaksa terkapar di zona merah setelah ambles 5, 01% ke level 4. 891, 46.

Indeks acuan Bursa Efek Indonesia (BEI) ini masuk bebas setelah sebelumnya perdagangan sesi pagi sempat dihentikan oleh pasar uang karena anjlok lebih dari 5%. Hal ini merespons rencana  pemberlakuan kembali pembatasan sosial berskala mulia (PSBB) total oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan  pada Senin depan.

Gejolak rekan saham juga menjadi perhatian rekan investor, termasuk pengelola dana yaitu perusahaan manajemen investasi.



PT Eastspring Investments Indonesia misalnya, memperkirakan volatilitas pasar masih akan tinggi terutama di jangka pendek di tengah kejatuhan  IHSG.

“Perkembangan penanganan atas penyebaran virus corona dalam berbagai negara juga akan langgeng menjadi sorotan utama. Selain itu, pasar juga akan berfokus di rilis data pertumbuhan ekonomi & pertumbuhan laba perusahaan yang diperkirakan akan tertekan akibat adanya virus corona, ” tulis Eastspring Investments, dalam risetnya, dikutip Jumat (11/9. 2020).

Dalam kondisi ini, Eastspring Investments tetap lebih menyukai bagian aset pendapatan tetap ( fixed income ) dibanding saham.

“Untuk reksa dana saham, portofolio awak bersandar pada sektor-sektor defensif dengan cenderung tahan banting di era pertumbuhan ekonomi sedang mengalami perlambatan seperti sektor berbasis konsumsi, kesehatan dan komunikasi, ” tulis Eastspring Investments.

Adapun terkait dengan pemilihan saham, perseroan lebih menyukai saham-saham yang memiliki pokok yang baik dan mempunyai pendanaan yang kuat.

“Kami juga melihat adanya peluang untuk beberapa perusahaan yang dapat melangsungkan restrukturisasi kembali bunga pinjaman dalam masa suku bunga yang kecil dan menikmati stimulus dari negeri. ”

Terkait dengan reksa dana, sebelum kinerja bagian yang kemarin babak belur, pada Agustus kinerja IHSG  sebetulnya berangkat pulih.

Kinerja reksa dana pun terus membaik seiring dengan positifnya kinerja indeks pola sepanjang Agustus 2020 lalu, sama dengan data yang dirilis Infovesta  Pokok.

Kinerja IHSG  serta Reksa Dana di Agustus 2020

No Nama Ruang Kinerja YTD 31 Agustus 2020
(31 Desember 2019 – 31 Agustus 2020) (%)
Kinerja MoM 31 Agustus 2020
(30 Juli 2020 – 31 Agustus 2020) (%)
1 Indeks Harga Saham Gabungan -16, 84 1, 73
2 Infovesta 90 Balanced Fund Index -8, 42 0, 85
3 Infovesta 90 Equity Fund Index -18, 68 1, 39
4 Infovesta 90 Fixed Income Fund Index 5, 19 0, 73
5 Infovesta 90 Money Market Fund Index 3, 22 0, 40
6 Infovesta Corporate Bond Index 3, 67 0, 63
tujuh Infovesta Government Bond Index 4, 90 0, 95

Sumber: Infovesta

Sepanjang bulan lalu, reksa dana yang memberikan imbal hasil ( return ) paling baik adalah reksa dana saham yang terlihat dari Infovesta 90 Equity Fund Index yang menguat 1, 39%.

Berdasarkan data dari Infovesta, kinerja indeks reksa dana saham ini sejalan dengan kenaikan IHSG yang menguat 1, 73% di Agustus lalu.

Kinerja terbaik selanjutnya diberikan sebab reksa dana campuran yang terlihat dari Infovesta 90 Balanced Fund Index yang menguat 0, 85%.

Tak jauh berbeda, reksa dana pendapatan tetap selalu memberikan return rata-rata yang baik. Tercermin dari Infovesta 90 Fixed Income Fund Index yang menguat 0, 73%.

Reksa derma pasar uang yang dicerminkan dari Infovesta 90 Money Market Fund Index memberikan return 0, 40% month on month (MoM).

Namun demikian, kinerja reksa dana year to date (ytd) paling baik disumbangkan oleh reksa dana pendapatan tetap. Sebab, indeks reksa dana ini berkinerja tentu 5, 19% hingga 31 Desember 2020 lalu. Reksa dana pasar uang juga memberikan kinerja membangun 3, 22% hingga akhir era yang sama.

Sebelumnya CNBC  Indonesia sudah  mendedahkan reksa dana mana saja yang mencetak cuan gadang selama Agustus.

Kesempatan ini, di pusat kejatuhan indeks,   CNBC  Indonesia mencoba merangkup secara detail, produk-produk reksa dana mana saja dengan justru melorot tajam secara year to date dan month to month maka Agustus lalu.