arab-saudi-uea-digosipkan-damai-harga-minyak-longsor-1

Arab Saudi- UEA Digosipkan Nyaman, Harga Minyak Longsor!

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga minyak negeri turun nyaris 1% di perdagangan pagi ini. Jalan Uni Emirat Arab berembuk soal produksi minyak  melaksanakan harga si emas hitam longsor.

Di Kamis (15/7/2021) pukul 08: 22 WIB, harga patra jenis brent berada di US$ 74, 12/barel. Turun 0, 84% dibandingkan hari sebelumnya.

Tatkala yang jenis light sweet, harganya US$ 72, 41/barel. Berkurang 0, 98%.


Reuters memberitakan bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mencapai ‘perdamaian’. Kedua negeri itu sempat beda prinsip di OPEC+, Uni Emirat Arab tidak sepakat pemangkasan produksi 9, 7 juta/barel yang sedianya berakhir April 2022 diperpanjang sampai tutup tahun depan.

Tetapi kini keduanya dikabarkan sudah berada di titik temu. Uni Emirat Arab diberikan patokan ( baseline ) produksi dengan lebih tinggi yaitu 3, 65 juta barel/hari. Dengan begitu, kuota pemangkasan produksi bagi Uni Emirat Arab bakal lebih sedikit.

‘Perdamaian’ Arab Saudi-Uni Emirat Arab ini mewujudkan kesepakatan di OPEC+ bahan tercapai setelah sempat deadlock. Pemangkasan produksi memang prospek akan diperpanjang sampai simpulan 2022, tetapi selama Agustus-Desember 2021 bakal ada peningkatan produksi.

Selain itu, tersedia perkembangan terbaru dari Iran. Beredar kabar bahwa suara nuklir antara Iran dengan negara-negara Barat hampir makbul.

Jika sudah ada kesepakatan, maka bervariasi sanksi terhadap Negeri Bangsa persia bisa dicabut, termasuk ekspor minyak. Pasokan minyak daripada Iran akan masuk ke pasar, sehingga membebani harga.

“Anda bisa berekspektasi pasokan dari Iran akan segera kembali. Tinggal masalah waktu, ” perkataan Bill Farren-Price, Direktur dalam Enverus, sebagaimana diwartakan Reuters.

TIM RISET CNBC  INDONESIA

(aji/aji)