Bersyukur RI Tak Lockdown, Erick Thohir: Lambat Tapi Aman!

Bersyukur RI Tak Lockdown, Erick Thohir: Lambat Tapi Aman!

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Badan Usaha Hak Negara (BUMN) Erick Thohir melahirkan rasa syukur atas kebijakan dengan sudah diambil pemerintah dalam bertemu Covid-19. Seperti diketahui, pemerintah bertambah mengambil kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dibanding lockdown atau pembatasan total.

“Sekarang ya nggak melakukan lockdown itu positif, karena terbukti dibanding G20 kita ekonomi paling oke ke 2 atau 3. IMF pun kita di rating 5. Kita dasar minus, tapi kecil dikit. Mangkir lambat tapi aman. Yang istimewa itu China bisa bounce back , ” sirih Erick di Menara Kadin, Senin (10/8).

Erick mengungkapkan hal itu karena melihat banyak negara lain mengalami kontraksi ekonomi yang sangat dalam. Misalnya Singapura yang minus lebih dari -40%, juga Filipina terkontraksi -16, 5%. Hal itu harusnya bisa menjadi pelajaran bagi Indonesia agar tidak salah dalam mengambil kebijakan.


Erick menyadari perlambatan ekonomi masih akan tetap berlangsung hingga beberapa bulan ke depan.   Ia  meminta para pelaku usaha untuk bersabar dan memahami kondisi ini.

“Kami harap Bapak Ibu nggak kecewa. Bisnis kita balik 100% di kuartal I-2022, ” ucap Erick.

Mulai zaman ini perputaran ekonomi harus coba dikejar, penyerapan anggaran pun harus tepat sasaran.

“Kuartal III dan kuartal IV harus bisa bantu penyerapan anggaran. Dekat Rp 1. 400 triliun. Kita coba cegah resesi, jangan sampai dan ciptakan rasa aman sehat dan stimulus jalan, ” sebutnya.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)