booming-sepeda-sudah-buyar-harga-sepeda-makin-hancur-1

Booming Sepeda Sudah Buyar, Harga Sepeda Makin Hancur!

Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan sepeda makin anjlok dalam beberapa bulan belakang sehingga berdampak pada harga yang kian turun drastis.   Pasar sepeda situ diperparah dengan adanya kebijakan PPKM darurat pada Juli lalu.

Kepala Asosiasi Pengusaha Sepeda Nusantara (Apsindo) Eko Wibowo Utomo menilai penurunan penjualan lulus signifikan, bahkan hingga 30%. Kegiatan  pembatasan sosial dan tren gowes  yang sudah makin pudar jadi koalisi pukulan telak bagi pasar sepeda.

“Kan ada larangan muncul rumah dan sebagainya, siap itu membatasi, sepi sekali, itu udah ampun dengan ritel, ada jualan akan tetapi nggak seberapa, sekarang udah mulai banyak aktivitas, karakter berani keluar, PPKM telah turun level, udah banyak, itu mendukung. Mulai tersedia traffic untuk penjualan, ” katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (14/9/21).


Namun, kenaikan penjualan saat ini sangat jauh jika membandingkannya dengan penjualan di tahun lalu, pertama kala tren gowes medium tinggi-tingginya. Saat ini hanya lebih baik dibandingkan zaman PPKM darurat, namun masih tergolong rendah saat pandemi.

“Sekarang gimana policy dari setiap produsen dan importir bisa menaikkan pemasaran, karena stok sudah penuh sampai akhir tahun, status liat gimana bisa pusing lebih cepat untuk menyamakan cashflow, ” sebut Eko.

Klub yang saat ini mengaduk-aduk sepeda tidak perlu kacau dengan kesediaan stok. Berbeda dengan tahun lalu dimana stok menipis sementara suruhan tinggi, kesempatan ini kondisinya justru terbalik.

“Sampai akhir tarikh aman dan dapat kehormatan paling bagus, ” tutur Eko.

Harga Makin Mendarat

Rekan sepeda di dalam jati memang terpukul berat, setelah tahun lalu booming roda mencapai puncaknya. Saat tersebut harga sepeda makin mendarat setelah ada tren penurunan sebelumnya pada Juni 2021. Segmen sepeda lipat makin terpukul, saat ini memperoleh sepeda lipat dengan makna Rp 2-3 jutaan betul mudah dengan kondisi dan merek yang bagus.

“Makin turun, itu penyesuaian pasar, kemarin itu baru habituasi harga. Sekarang dengan situasi dilepas segitu belum lulus kompetitif, dan masih ngga maksimal penjualannya, bisa diturunin lagi. Dari awal penurunan harga kena 30%, ” katanya.

Berikut harga beberapa jenis sepeda ganda terbaru:

Noris Pro 20′ (Rp 5, 6 juta)

Noris Pro 16′ (Rp 5, 1 juta)

Noris RS (Rp 3, 5 juta)

Noris RX 20′ (Rp 3, 8 juta)

Noris Batman 16′ (Rp 3, 85 juta)

Noris 1. 0 VT 16 (Rp 3, 25 juta)

Noris RX 16 (Rp 3, 7 juta)

ElementFoldingBike Clip 451 8 Speed (Rp 3, 87 juta)

ElementFoldingBike Ecosmo 8 Edisi Marvel Venom (Rp 3, 75 juta)

ElementFoldingBike Ecosmo 8 Speed Edisi JD ID (Rp 4 juta)

ElementFoldingBike Ecosmo 8 Speed Edisi BOSQUE (Rp 3, 5 juta)

ElementFoldingBike Ecosmo Captain America Edition (Rp 3, 15 juta)

PoliceFoldingBike Milan 8 Speed (Rp2, 1 juta)

FoldingFoldx 8 Speed (Rp2, 9 juta)

PoliceFoldingBike Milan Rans 2. 0 (Rp2, 1 juta)

PoliceFoldingBike Milan 8 Speed Edisi Rans (Rp2, 45 juta)

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)