buka-bukaan-ibm-manfaat-cloud-computing-di-era-pandemi-1

Buka-bukaan IBM Manfaat Cloud Computing di Era Pandemi

Jakarta, CNBC Indonesia kacau Pandemi Covid-19 ternyata memproduksi transformasi digital lebih lekas terjadi. Yakni mengubah kesibukan yang tadinya offline menjelma online, seperti sekolah ataupun melakukan distribusi secara teknologi.

Dari teknologi untuk melakukan transformasi tersedia data dan artificial intelligence (AI). Serta juga cloud yang menguntungkan bagi perusahaan, efesien dari biaya dan juga cepat melakukan alterasi.

“Cloud adalah wacana baru bagaimana company lebih agile , cost efektif serta jauh lebih cepat mengabulkan transformasi di market , ” cakap Presiden Director IBM Indonesia, Tan Wijaya dalam Tech Conference 2021 CNBC Nusantara, Kamis (16/9/2021).


Dia menyebutkan pertumbuhan market cloud terus menemui peningkatan. Pertumbuhan dari 2018-2023 tercatat lebih dari 25%.

Berbicara soal cloud tersedia tiga hal yakni layer infrastruktur, platform, dan software. Untuk infrastruktur berbicara server, storage dan komputer, tatkala platform berbicara lebih besar dari infrastruktur.

Layanan software mengenai mengonsumsi dengan cara model bisnis baru.

Selain itu, pola konsumsi juga tercatat berubah. Tan membicarakan di masa lalu soal IT berbicara soal Bayaran model (capex). Namun era ini berbuah menjadi model belanja operasional (opex). Cloud bisa melakukan yang diperlukan.

“Dan situasi ini Cloud bisa menyelenggarakan atau meng-address situasi yang diperlukan, ” ungkapnya.

Dengan cloud, Tan menyebut perusahaan berubah pola bisnis menjadi model opex. Dengan cara itu oleh karena itu biaya yang dikeluarkan lebih rendah dan bisa melakukan ekspansi pasar.

Selain itu, juga dapat mengurangi resiko berbisnis lantaran perusahaan tersebut.

“Bisa menggunakan kelebihan itu, melakukan ekspansi dari sisi market. Bisa mengurangi business risk, karena biaya tidak sebesar capex, ” sekapur dia.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)