DKI Sudah Lewati Masa Puncak Covid-19, Sekarang Melandai

DKI Sudah Lewati Masa Puncak Covid-19, Sekarang Melandai

Jakarta, CNBC Indonesia – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengutarakan kasus positif corona (Covid-19) dalam DKI Jakarta sudah mulai melandai.

Ia menyebut bila puncak kasus Covid-19 di DKI Jakarta terjadi pada pertengahan April kemarin.

“Puncak kita itu pertengahan April, kemudian mulai melandai hingga sekarang. Melihat grafik, Jakarta mulai terkendali, ” membuka Anies dalam konferensi pers, Kamis, (4/06/2020).



Anies mengatakan masa pandemi ini sudah berlaku selama 13 minggu. Pemantauan kemajuan Covid-19 terus dilakukan bekerjasama dengan para ahli menggunakan semua patokan.

Menurutnya terkait dengan rencana ke depan, pihaknya membahasnya beserta dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah, Ikatan Dokter Anak Nusantara (IDAI), Perhimpunan Dokter Paru Nusantara (PDPI), Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI).

Kemudian, Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Geriatri Medik Indonesia (Pergami), Perkumpulan Obstetri serta Ginekologi (POGI), dan juga tim Ahli Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di Universitas Indonesia.

“Jadi kita mencoba untuk melihatnya secara komprehensif, tidak hanya mengandalkan 1-2 indikator saja, ” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memutuskan untuk melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi pertamanya sampai akhir Juni 2020. Anies meminta agar selama masa transisi ini masyarakat harus tetap disiplin.

Jika masyarakat tidak disiplin, oleh karena itu konsekuensinya akan terjadi lonjakan peristiwa seakan kembali ke dua kamar sebelumnya. Apabila hal ini terjadi maka Pemprov DKI Jakarta beserta dengan Gugus Tugas DKI Jakarta tidak akan ragu menggunakan kewenangan hentikan kegiatan sosial, ekonomi pada masa transisi ini.

[Gambas:Video CNBC]

(dru)