Duh! Laba Bersih Citibank Turun 17% di Semester I-2020

Duh! Laba Bersih Citibank Turun 17% di Semester I-2020

Jakarta, CNBC Indonesia – Citibank N. A., Nusantara (Citibank) mencatat penurunan laba suci sebesar 17% menjadi Rp satu, 36 triliun sepanjang Semester I-2020 dibanding laba bersih periode yang serupa tahun sebelumnya Rp 1, 64 triliun.

Chief Executive Officer Citibank Indonesia Batara Sianturi mengatakan, di tengah situasi akibat pandemi ini, Citibank berkomitmen buat terus menjaga tingkat likuiditas perusahaan.


“Saat ini neraca kami memiliki kapasitas untuk terus melayani serta mengangkat kebutuhan finansial dari para konsumen kami. Dengan penekanan yang kuat pada manajemen resiko serta kesejahteraan dan kesehatan para karyawan beserta nasabah, kami siap dengan bervariasi kemungkinan skenario yang akan terjadi serta berkomitmen untuk terus melayani dengan memegang prinsip kehati-hatian, ” ujarnya mengutip keterangan tertulis perusahaan di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, Citibank juga mencatat penurunan pendapatan bunga bersih sebesar 7, 1% menjadi Rp 2, 09 triliun dibanding dengan periode yang pas tahun sebelumnya yang sebesar Rp 2, 25 triliun.

Adapun untuk Dana Pihak Ke-3, Citibank mencatat kenaikan sebesar 8, 4% menjadi Rp 59 triliun. Selanjutnya Loan to Deposit Ratio (LDR) Citibank tercatat berada di kisaran 78, 5% serta Liquidity Coverage Ratio (LCR) dan Sarang Stable Funding Ratio (NSFR) sejumlah masing-masing 231, 8% dan 132%.

Citibank juga terus menjaga kualitas kredit, tercatat untuk NPL Gross dan Net masing-masing sebesar 2, 5% dan 0, 26%. Kemudian untuk Return on Equity (RoE) dan Return on Assets (RoA) sebesar masing-masing 15, 48% dan 3, 92%.

Citibank juga mencatat kemajuan penggunaan Citi Mobile secara year on year, di mana had Juli tumbuh 76%. Menurutnya, di tengah keterbatasan mobilitas masyarakat masa ini, Citibank juga turut mengkomunikasikan penggunaan kanal digital bagi para nasabah guna melakukan transaksi perbankan sehari-hari.

Dia menambahkan, di lini Institutional Banking, Citibank terus membantu konsumen dalam menavigasi volatilitas di pasar serta dipilih sebagai mitra yang stabil dalam lingkungan ekonomi semacam saat ini. Dalam Markets and Securities Services, Citibank mendukung para-para klien yang dimiliki dengan menunggangi platform Citi Velocity dan keterampilan eksekusi secara elektronis.

“Dalam Treasury and Trade Solutions kami terus bekerja dengan konsumen kami untuk mempertahankan operasi mereka, mengelola rantai pasokan serta mengoptimalkan modal kerja dan likuiditas yang mereka miliki, ” imbuhnya.

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)