Ekonomi Minus 11,4%, Resesi Masih Bersemayam di Brasil

Ekonomi Minus 11,4%, Resesi Masih Bersemayam di Brasil

Jakarta, CNBC Indonesia– Ekonomi Brasil jatuh hingga -11,4% pada kuartal II-2020 bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, ekonomi Brasil jatuh -9,7%.

Seperti dikutip dari Reuters, kejatuhan ekonomi ini merupakan rekor terbesar Brasil, akibat lesunya ekonomi setelah diberlakukan lockdown Covid-19. Tingkat ekonomi Brasil kembali pada ukuran 2009.

“Angka-angka ini mewakili tingginya isolasi sosial, ketika beberapa sektor ekonomi lumpuh sebagian atau seluruhnya karena pandemi,” kata koordinator badan statistik brasil IBGE Rebeca Palis.


Perkiraan median dalam jajak pendapat Reuters terhadap ekonom adalah penurunan 9,4% pada kuartal tersebut dan penurunan tahunan 10,7%. IBGE juga merevisi angka Januari-Maret menjadi penurunan 2,5% dalam PDB dari perkiraan awal penurunan 1,5%.

Besarnya kemerosotan aktivitas ekonomi di kuartal kedua sangat besar: industri turun 12,3%, jasa 9,7%, investasi tetap 15,4%, konsumsi rumah tangga 12,5% dan belanja pemerintah 8,8%.

Konsumsi rumah tangga, yang menyumbang dua pertiga dari semua aktivitas ekonomi di Brasil, merupakan hambatan yang sangat berat, kata IBGE. Hanya pertanian yang tumbuh pada kuartal ini, sebesar 0,4%, IBGE menambahkan.

Perkiraan pemerintah saat ini adalah untuk kontraksi 4,7% dalam PDB tahun ini, yang akan menjadi penurunan tahunan terbesar sejak pencatatan dimulai pada tahun 1900. Perkiraan rata-rata dalam survei mingguan bank sentral terhadap para ekonom adalah untuk penurunan 5,3%.

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)