Geger Dunia Persilatan! Trump Masuk Nominasi Nobel Perdamaian

Geger Dunia Persilatan! Trump Masuk Nominasi Nobel Perdamaian

Jakarta, CNBC Indonesia awut-awutan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dicalonkan sebagai penerima Nobel perdamaian 2021. Seorang politisi bagian kanan Norwegia mencalonkannya, sebagai mana dimuat AFP, Kamis (10/9/2020).

“Terima kasih! ” kata pendahuluan Trump dalam Tweet dan retweet yang merayakan pencalonannya itu.

Anggota kongres Norwegia Christian Tybring-Gjedde mengatakan bahwa Trump membuat sejarah. Ia jadi menengahi perjanjian normalisasi hubungan antara Uni Emirat Arab dan Israel.

“Perjanjian unik serta bersejarah antara Israel dan UEA. Sebuah perjanjian yang, kami harap, dapat diperluas ke negara-negara Arab lainnya sehingga kami dapat mempunyai kedamaian abadi di Timur Sedang, ” tegas anggota partai Progress, yang dikenal anti imigran tersebut.



Sebelumnya, Trump juga dia nominasikan untuk mendapat Nobel dalam 2018. Pada saat itu, Trump dianggap mampu memulihkan hubungan dengan Korea Utara (Korut) namun tidak terpilih.

Setiap tahunnya ada ratusan nama yang dinominasikan untuk hadiah Nobel. Namun tak ada jaminan mereka akan terpilih.

Institut Nobel Norwegia, otoritas terkait, memang menyambut seluruh nama yang dinominasikan. Asal dikirim sebelum batas waktu, biasanya 31 Januari.

Penasehat Gedung Putih dan juga menantu Trump Jared Kushner mengatakan sang pemimpin sangat laik untuk nominasi ini. “Sangat, sangat terhormat untuk dinominasikan, ” katanya.

Sebelumnya Trump kecewa ia tidak dianggap serius sebagai penerima Nobel. Ia mengungkit pendahulunya dari Partai Demokrat Barack Obama dianugerahi penghargaan bergengsi pada awal masa jabatan pertamanya pada tahun 2009.

“Mereka memberikannya kepada Obama. Tempat bahkan tidak tahu untuk barang apa dia mendapatkannya, ” kata Trump.

“Dia berada pada sana sekitar 15 detik dan dia mendapat Hadiah Nobel… (Hal) yang saya mungkin tidak hendak pernah mendapatkannya. ”

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)