Insentif Prakerja Rp 600 Ribu Belum Cair, Ini Penjelasannya

Insentif Prakerja Rp 600 Ribu Belum Cair, Ini Penjelasannya

Jakarta, CNBC Indonesia — Project Management Officer (PMO) Kartu Prakerja  menjelaskan belum cairnya dana insentif peserta Kartu Prakerja sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan.

Pimpinan Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky  mengatakan pihaknya beberapa masalah dalam pencairan. Contohnya pada akun e-money tidak teregistrasi serta tidak lolos proses know your costumer (KYC).

“Dari 132. 509 akun yang sudah tertaut KYC, baru 55. 101 yang sudah terverifikasi oleh mitra pembayaran. Sebelum bisa menyalurkan insentif ke akun pembayaran, akun pembayaran harus konfirmasi dengan akun yang ada di dalam akun Prakerja, ” jelasnya Panji dalam konferensi pers digital, Senin (11/5/2020).



Panji menambahkan saat ini pihaknya pun sedang melakukan proses otomasi peserta pelatihan dan penerima insentif. Nantinya platform digital harus kirim data ke PMO kalau pelatihan sudah selesai kemudian diproses.

“Belum semua peserta yang telah menyelesaikan semua pelatihan. Baru 219. 489 yang menyelesaikan, ” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan sudah mencairkan dana  sebesar Rp 1, six triliun untuk 456. 265 peserta kartu prakerja. Masing-masing peserta anak mendapatkan manfaat sebesar Rp 3 or more, 55 juta. Dana ini telah dimasukkan dalam rekening Dana Bantuan Kartu Prakerja yang dikelola PMO.

(roy/roy)