intip-besaran-gaji-karyawan-bumn-gede-mana-dibanding-pns-1

Intip Besaran Gaji Karyawan BUMN, Gede Mana Dibanding PNS?

Jakarta, CNBC Indonesia – Bekerja di kongsi pelat meraha atau Lembaga Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki daya tarik terpisah bagi pencari kerja. Faktornya mulai dari reputasi perusahaan yang baik hingga gajinya yang disebut terbilang mulia.

Beberapa BUMN menjadi pemimpin di industrinya, seperti PT Telkom Nusantara Tbk (TLKM) yang menjadi pemimpin di sektor telekomunikasi.

Lalu ada PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), salah satu sebab empat bank besar dalam negara ini. Lalu tersedia PT Pertamina (Persero) secara wilayah kerja dari Sabang hingga Merauke, serta luar negeri yang memiliki daya tarik tersendiri untuk bergerak di perusahaan ini.


Ternyata, perusahaan-perusahaan ini juga memberikan upah yang besar untuk para karyawannya. Namun perlu dicatat bahwa besaran gaji yang diberikan ini juga bergantung pada jabatan masing-masing pekerjanya.

Lalu berapa besaran perolehan dari masing-masing perusahaan ini?

Mengutip dibanding beberapa situs pencari kerja dan gaji hingga masa 31 Agustus 2021 berantakan, Telkom memberikan gaji buat posisi product manager menyentuh Rp 88 juta-Rp 94 juta per bulan. Namun untuk strategic investment manager sebesar Rp 58 juta-Rp 62 juta per bulan.

Sedangkan untuk level senior manager honorarium yang diberikan kisaran Rp 39 juta hingga 43 juta per bulan.

Untuk level staf, gaji per bulannya dengan diterima sebesar Rp 8 juta. Sedangkan untuk pegawai baru dan masuk melalaikan jalur management trainee mau menerima gaji kisaran Rp 7 juta hingga Rp 8 juta.

Selanjutnya karyawan Bank Sendiri dalam periode yang sebanding untuk level area branch manager menerima gaji sejumlah Rp 68 juta-Rp 74 juta per bulan. Namun untuk level manager mau menerima sebesar Rp 27 juta-Rp 30 juta per bulannya.

Buat jabatan internal auditor bakal menerima kisaran Rp 10 juta-Rp 11 juta per bulan, sedangkan untuk tangga staf digaji Rp 10 juta per bulannya.

Bagi karyawan pertama dengan jalur management trainee (MT) atau officer development program (ODP) digaji Rp 6 juta per bulan.

Sedangkan letak frontliner di bank tersebut diberi bayaran Rp 3 juta-Rp 4 juta per bulan. Sedangkan security sebesar Rp 3 juta bohlam bulan.

Sementara di Pertamina, perusahaan dengan beragam kondisi di dalamnya, mulai dari engineer hingga staf memiliki kisaran gaji yang berbeda.

Sebagai contoh untuk posisi site engineer digaji Rp 30 juta-Rp 33 juta sedangkan untuk lapisan engineer saja bergaji Rp 19 juta-Rp 21 juta per bulan.

Untuk level analis bohlam bulannya menerima Rp 10 juta-Rp 37 juta dan untuk IT specialist sejumlah Rp 19 juta-Rp 21 juta.

Buat posisi manager digaji Rp 15 juta-Rp 16 juta per bulannya dan untuk posisi staf sebesar Rp 5 juta-Rp 6 juta.

Sementara itu, gaji petugas SPBU disebut berada pada kisaran Rp 1, 9 juta sampai Rp 5, 1 juta per bulan.

[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)