Jangan Kaget! Ini Prediksi Puncak Corona di Indonesia

Jangan Kaget! Ini Prediksi Puncak Corona di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia porakporanda Dalam dua pekan terakhir terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang signifikan di Indonesia. Tetapi ternyata ini belum puncak dibanding pandemi Covid-19 gelombang pertama di Indonesia. Lantas kapan puncaknya?

“Puncaknya belum. Kalau telah di atas puncak, mungkin miring dulu nggak naik-naik bertahan. Akan tetapi (ini) naik terus, lagi mendaki puncak, ” kata Pengamat Epidemi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono kepada CNBC Indonesia, seperti dikutip Senin (21/9/2020).

Pandu Riono bahkan tak bisa memprediksi kapan puncak dari kasus di Indonesia akan berlaku. Pasalnya, semua ini tergantung dengan penanganan dan bagaimana target yang dibidik oleh pemerintah.


“Targetnya kan pak Jokowi, tidak pemerintah. Target harus dihitung secara baik. Harus diterjemahkan dalam denyut operasional program, ” ujarnya lagi.

Meski pada keputusannya bisa diprediksi dengan hitungan matematis, namun nyatanya hal itu tidak mudah dilakukan. Sebab, kasus Covid-19 di Indonesia disebutnya sebagai perjalanan gelombang pertama yang tanpa simpulan.


”Mungkin (puncaknya) bulan depan, tapi bisa jadi Desember, ” katanya. 


Hingga Minggu, (20/9/2020) jumlah peristiwa positif virus corona (Covid-19) bertambah sebanyak 3. 989 kasus. Total penambahan ini lebih rendah dibanding hari sebelumnya, Sabtu (19/9) yang bertambah 4. 168 orang, rekor penambahan tertinggi.

Sementara itu, jumlah pasien yang tercatat sembuh pada Minggu mencapai dua. 977 kasus dan sebanyak 105 meninggal.  



[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)