jelang-lebaran-malaysia-mendadak-lockdown-nasional-1

Jelang Lebaran, Malaysia Mendadak Lockdown Nasional

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Malaysia akan memberlakukan penguncian (lockdown) Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) atau Movement Control Order (MCO) secara nasional mulai Rabu (12/5/2021) besok. Sesuatu ini sehari menjelang hari raya Idul Fitri.

Dilansir dari The Straits Moments, lockdown lokal, yang akan berlangsung hingga tanggal 7 Juni, diberlakukan untuk menekan angka kasus infeksi Covid-19 di Negeri Jiran.

Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin mengatakan keputusan tersebut diambil oleh Dewan Keamanan Nasional, badan pembuat keputusan tentang pandemi, selama pertemuan yang dipimpin olehnya dalam Senin (10/5/2021).


Ini merupakan perintah lockdown ketiga yang diberlakukan sejak dimulainya pandemi di Malaysia. MCO kali ini kemungkinan akan menjadi yang paling ketat sejak Maret tahun lalu.

Muhyiddin mengatakan kegiatan ekonomi akan terus berlanjut di seluruh negeri, tetapi semua kegiatan sosial, acara, makan di restoran, dan perjalanan antar distrik dan antar negara jadi dilarang.

Perjalanan melintasi jalur negara bagian dan distrik hanya diperbolehkan untuk pekerjaan, keadaan darurat, janji medis, mengunjungi pasangan dan untuk janji vaksinasi.

Hanya latihan luar ruangan tertentu yang diizinkan. Pengumuman tersebut hanya beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, yg akan dirayakan pada Kamis (13/5/2021) mendatang.

Hingga Minggu, tercatat thirty seven. 060 kasus aktif serta 416 kasus di ICU, tertinggi selama pandemi. Dua puluh enam kematian tercatat, juga yang tertinggi terlihat dalam sehari. Per Senin, Malaysia mencatat total 440. 677 kasus infeksi dan 1. 683 kematian.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)