Kacau Film Bajakan! Tjahjo Kumolo Mengambil Maaf ke Joko Anwar

Kacau Film Bajakan! Tjahjo Kumolo Mengambil Maaf ke Joko Anwar

Jakarta, CNBC Indonesia berantakan Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo telah menghapus kicauannya pada akun twitternya terkait dengan tautan film-film perjuangan ilegal yang dibagikannya melalui akun @tjahjo_kumolo.

Sebagai gantinya, Tjahjo Kumolo menuliskan permintaan maaf yang ditujukan langsung kepada Joko Anwar pada Senin (17/8/2020).

“Yth Bp Joko Anwar Sutradara Hidup Perjuangan – saya mendapat bingkisan WA koleksi film Perj. tsb – mengingat Hari Kemerdekaan MENODAI – saya berbagi saja kpd Group via Twitter – harap maaf kalau sy salah dan khilaf – kalau sy hrs membayar krn sy berbagi sy siap semampu saya, dmk Trims, ” demikian akun @tjahjo_kumolo menulis.


Sebelumnya, Joko Anwar sempat protes lantaran pemerintah, dinilai tidak serius dalam mendukung karya dalam negeri. Hal ini terkait dengan, Tjahjo Kumolo melalui akun twitternya yang membagikan link-link hidup perjuangan yang bisa diakses pada YouTube.

“Apakah benar ada seorang menteri @jokowi membagi-bagikan link film-film Nusantara di YouTube yang diupload dengan ilegal?, ” ujarnya bertanya.

“Kalau benar, ijinkan kami patah hati dan hilang harapan pemerintah Indonesia serius mendukung ataupun paham industri kreatif, ” imbuhnya.

Kicauannya tersebut telah dikomentari sebanyak 106 kali, secara retweet dan like masing-masing 928 dan 2 ribuan kali.

Tak hanya satu kala, Sutradara Joko Anwar yang telah menelurkan banyak karya film pula menuliskan kekecewaannya terkait dengan situasi tersebut. Bahkan menurutnya, banyak tautan yang dibagikan pada ranah twitter diunggah secara ilegal tanpa ijin pemilik hak cipta filmnya.

“Gak ada gunanya kita merayakan 75 tahun merdeka jika mengambil hak orang lain, apapun alasannya. Gak mungkin juga mengedukasi rakyat tentang HAKI kalau pemerintahnya aja gak paham, ” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)