pertarungan-miliarder-penguasa-oligarki-vs-sheikh-arab-1

Laga Miliarder, Penguasa Oligarki Vs Sheikh Arab

Jakarta, CNBC Indonesia – Final Liga Champions antara Chelsea dan Manchester City pada Porto pada Sabtu (29/05/2021) akan menjadi pertandingan terbesar dari sebagian besar karir para pemainnya. Pertandingan tersebut juga merupakan puncak dibanding perjuangan 13 tahun jarang dua orang terkaya di dunia untuk supremasi sepakbola dunia.

Roman Abramovich, oligarki Rusia dengan membeli Chelsea pada 2003, dan Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan, anggota tim kerajaan Abu Dhabi dengan membeli Manchester City di 2008, secara kolektif telah menghabiskan lebih dari £ 3, 7 miliar buat membeli pemain sejak itu membeli klub.

Dilansir dari Guardian, buat trofi yang didapatkan persatuan tersebut investasi telah terbayar, namun banyak yang tersua hal ini juga meluluskan permainan indah demokrasi. Hal ini pun membuat asosiasi tanpa pendukung miliarder dengan berjuang untuk bersaing.


Sejak pengambilalihan Mansour, City telah memenangkan 13 membuat liga atau piala, dibandingkan dengan sembilan gelar di dalam 128 tahun sebelumnya. Semenjak klub tersebut dibentuk di dalam tahun 1880 sebagai bentuk karya sosial oleh Anna Connell, putri pendeta dalam gereja St Mark.

Chelsea telah meraih 16 trofi utama sejak Abramovich mengambil alih pada Stamford Bridge hampir dua dekade lalu, dibandingkan dengan 10 trofi sebelumnya.

Sementara pandemi Covid-19 telah membuat banyak klub kecil ke dalam gawat keuangan, dengan bermain pada stadion yang kosong memotong penerimaan menjadi nol. Chelsea menghabiskan rekor klub £ 89 juta (termasuk add-on) untuk menandatangani gelandang terjang Kai Havertz dari Bayer Leverkusen.

Dia adalah penandatanganan besar keenam Chelsea di bursa memindahkan, menghabiskan sekitar £ 230m. Secara total, Chelsea telah menghabiskan sekitar £ 2 miliar untuk pemain sejak Abramovich mengambil alih.

Sheikh Mansour pula tidak takut untuk menggunakan uang tunai dalam total besar. City menetapkan rekor biaya transfer Liga Premier saat itu sebesar £ 32, 5 juta penandatanganan Robinho dari Real Madrid pada 1 September 2008, hari terakhir bursa transfer tahun itu dan hari Mansour secara resmi menjemput kendali klub. Sejak itu City telah menghabiskan £ 1, 7 miliar lebih untuk pemain.

Dengan sebagian besar klub memotong gaji pemain pada musim 2019-20, tagihan upah City meningkat 11% menjadi £ 351 juta berantakan rekor Liga Premier (dan £ 90 juta bertambah banyak dari tagihan pemeran Chelsea).

Pengeluaran mengejutkan tampaknya akan berlanjut karena klub dilaporkan jadi untuk membelanjakan £ 100 juta untuk Jack Grealish dari Aston Villa, yang akan mencetak rekor ongkos transfer baru.

Kedua miliarder itu memasukkan klub mereka ke Federasi Super Eropa, rencana yang sekarang runtuh untuk mengumpulkan klub-klub terkaya di kerajaan itu dalam liga terakhir yang bahkan lebih penuh menghasilkan uang bulan cerai-berai. Sheikh Mansour pun pula tidak takut untuk melahirkan uang tunai.

City menetapkan rekor biaya transfer Liga Premier masa itu sebesar £ 32, 5 juta penandatanganan Robinho dari Real Madrid di 1 September 2008, hari terakhir musim transfer tahun itu dan hari Mansour secara resmi mengambil lagam klub. Sejak itu City telah menghabiskan £ satu, 7 miliar lebih buat pemain.

Akun keuangan terbaru klub mengungkapkan bahwa sementara sebagian besar klub mengabung gaji pemain di musim 2019-20, tagihan gaji City meningkat 11% menjadi £ 351 juta – rekor Liga Premier (dan £ 90 juta lebih penuh dari tagihan pemain Chelsea).

Pengeluaran mengherankan tampaknya akan berlanjut sebab klub dilaporkan siap untuk membelanjakan £ 100 juta untuk Jack Grealish dibanding Aston Villa – yang akan mencetak rekor kos transfer baru.

Kedua miliarder itu mencantumkan klub mereka ke Asosiasi Super Eropa, rencana dengan sekarang runtuh untuk memadukan klub-klub terkaya di kerajaan itu dalam liga terakhir yang bahkan lebih penuh menghasilkan uang bulan berantakan. Tapi mereka juga besar klub pertama yang mundur menyusul tentangan dari para-para penggemar, perdana menteri dan Pangeran William.

[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)