Pak Prabowo, RI Disebut Nunggak Bayar Utang Jet Korsel Rp 6 T

Pak Prabowo, RI Disebut Nunggak Bayar Utang Jet Korsel Rp 6 T

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia dikabarkan memiliki tunggakan hingga triliunan rupiah ke Korea Selatan (Korsel).

Dalam pemberitaan Yonhap , utang itu terkait pengembangan jet tempur generasi baru di mana RI sudah setuju membiayai sebagian pengembangan.

“Indonesia bersatu dengan proyek KF-X dalam upaya pengadaan pesawat untuk angkatan udaranya dan memajukan industri kedirgantaraannya, ” tulis Yonhap , Minggu (6/9/2020).

“… dan setuju menanggung 20% lantaran biaya pengembangan senilai 8, 8 triliun won, sekitar 1, tujuh triliun (21 triliun). ”

Namun sayangnya, media tersebut menulis RI gagal membayar sekitar 500 miliar won (Rp 6, 2 T). Padahal, wajib disetor Agustus lalu.

Media tersebut mengambil sumber pejabat setempat yang enggan disebutkan namanya. Indonesia dikatakan baru membayar 227, dua miliar won.

“Sedikit kemajuan telah dicapai dalam kejadian kerja sama dengan Indonesia terkait KF-X, ” tulis media itu.


Rencana ini dikatakan merupakan hasil pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri Jeong Kyeong-doo Desember awut-awutan.

Awal pekan itu perakitan prototype jet pertama bakal memasuki tahap akhir. Diharapkan arketipe akan selesai 2021 dan lengkap sepenuhnya 2026.

“Prabowo Subianto bersumpah untuk memajukan order, menyebut kerja sama semacam tersebut sebagai simbol hubungan kepercayaan dengan kuat, ” tulis media itu mengutip sumber.

CNBC Indonesia masih meminta konfirmasi soal berita ini.

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)