PNS Jangan Dulu Berpikir Gaji ke-13, Kemenkeu Fokus Covid-19!

PNS Jangan Dulu Berpikir Gaji ke-13, Kemenkeu Fokus Covid-19!

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Keuangan memastikan tidak hendak memberikan gaji ke-13 Pegawai Kampung Sipil (PNS) dalam waktu dekat ini. Hal ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana gaji ke-13 diberikan tak periode setelah lebaran atau saat tahun ajaran baru sekolah dimulai.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, saat ini pemerintah belum membahas terkait gaji ke 13. Sebab, pemerintah masih fokus ke penanganan Covid-19.

Menurutnya, saat ini bantuan negeri melalui APBN untuk menangani pengaruh Covid-19 terutama ke masyarakat bapet lebih penting. Sehingga gaji ke-13 masih akan dibahas setelah pandemi ini tertangani.



“Sabar ya. Pemerintah masih fokus tangani Covid-19 dulu yang urgent, ” ujar Askolani kepada CNBC Nusantara, Kamis (28/5/2020).

Sementara tersebut, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan, pembahasan terkait mas gaji ke 13 akan dilakukan kuartal IV tahun ini. Artinya gaji ke-13, akan diberikan di dalam akhir 2020.

“Untuk gaji ke-13 akan diputuskan Oktober, ” katanya kepada CNBC Indonesia.

Yustinus pun beriktikad konsumsi masyarakat tidak akan turun meski penyaluran gaji ke-13 dilakukan di akhir tahun. Pasalnya, taksiran tetap diberikan hanya saja waktunya yang diubah.

“Tidak (menurunkan konsumsi) saya rasa, sebab hanya bergeser waktunya, ” jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(dru)