ppkm-darurat-bisa-diperpanjang-ihsg-kebal-corona-lagi-1

PPKM Darurat Bisa Diperpanjang, IHSG ‘Kebal” Corona Lagi?

Jakarta, CNBC Indonesia – Bursa saham domestik berpeluang kembali melanjutkan kenaikan pada perdagangan Selasa ini (13/7) setelah Senin kemarin bangkit.

Sentimen nyata kenaikan indeks Dow Jones di bursa saham AS dan rilis kinerja emiten yang  pada pekan itu diramal akan mendorong kemajuan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di tengah kewaswasan kasus Covid-19 yang masih meningkat.

Senin kemarin, IHSG ditutup menguat sebesar 0, 64% ke level 6. 078, 56 poin dengan nilai transaksi Rp 12, 18 triliun. Pelaku pasar asing mencantumkan pembelian bersih senilai Rp 872, 43 miliar.


Pengamat pasar  modal PT  MNC Asset Management, Edwin Sebayang memperkirakan, hari ini IHSG akan bergerak menguat terbatas pada rentang 6. 042 porakporanda 6. 133.

Kenaikan itu ditopang oleh sentimen indeks Dow Jones yang terangkat sebesar 0, 36%, dan naiknya harga beberapa barang di tengah kembali naiknya yield (imbal hasil) obligasi AS tenor 10 tahun sebesar 0, 52%.

Namun, di  sisi lain, kata Edwin, pelaku pasar juga mencermati pemberitahuan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menyebut kebijaksanaan PPKM Darurat bisa diperpanjang hingga 6 minggu. Situasi itu dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19. PPKM Kritis Jawa-Bali berlaku sampai 20 Juli mendatang.

Menkeu menerangkan, peningkatan total kasus Covid-19 akan berimbas pada laju ekonomi Nusantara.

Bendahara Negara ini memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan berada di kisaran 4% sampai 5, 4% pada kuartal III 2021. Proyeksi 4% untuk ringkasan berat, sementara 5, 4% dibuat untuk skenario moderat.

Sementara itu, Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya menghargai, pergerakan IHSG hingga era ini masih sangat dipengaruhi oleh sisi perlambatan perekonomian yang masih terus mengikuti sektor riil, sehingga membentangkan konsolidasi belum akan ditinggalkan oleh IHSG.

Namun, jika IHSG siap menembus resisten level terdekatnya maka IHSG berpotensi untuk melanjutkan kenaikan jangka pendeknya. Selain itu arus keras capital inflow juga turut menjadi penunjang bagi pergerakan IHSG.

“Hari ini IHSG berpotensi bangkit terbatas pada rentang 5. 913 – 6. 123, ” ungkap William.

Data Kemenkes mencatat, Senin kemarin, penggandaan kasus penyakit akibat virus corona (Covid-19) kembali mencetak rekor tertinggi 40. 427 orang per hari. Melewati rekor sebelumnya yang sedang di kisaran 38 seperseribu orang per hari.

[Gambas:Video CNBC]
(tas/tas)