Presiden Iran Tanggapi Kemenangan Biden, Demikian ini Komentarnya

Presiden Iran Tanggapi Kemenangan Biden, Demikian ini Komentarnya

Jakarta, CNBC  Indonesia –  Iran dengan selama ini tak punya hubungan baik dengan pemerintah AS keputusannya buka suara soal terpilihnya pemimpin baru AS. Pemerintahan AS berikutnya akan dipegang oleh Joe Biden  dan Kamala  Harris, yang menggagalkan Donald Trump.

Pemimpin Iran  Hassan Rouhani  menegaskan pemerintah AS berikutnya harus menggunakan kesempatannya mengkompensasi kesalahan Presiden Donald Trump terdahulu. Pernyataan ini dirilis sebab media pemerintah Iran pada Minggu (8/11) setelah hasil Pilpres  GANDAR menghasilkan Joe Biden  keluar sebagai pemenangnya.

“Kebijakan yang merusak Trump mendapat perlawanan… oleh rakyat AS. Pemerintahan AS berikutnya harus menggunakan kesempatan untuk menebus kesalahan masa lalu… Iran menjunjung interaksi yang konstruktif dengan dunia, ” kata Rouhani  dikutip dari Reuters , Minggu (8/11).


AS di bawah Trump memang semakin memperparah hubungan kedua negeri, Trump banyak memberikan sanksi kepada Iran. Belum lama ini, Trump sempat mengatakan AS telah balik menerapkan sanksi di bawah putusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Iran pada Senin (21/9/2020).

Sanksi itu diterapkan pada 27 individu dan entitas, yang termasuk kementerian pertahanan Iran, Organisasi Gaya Atomnya dan pemimpin sayap kiri Venezuela, Nicolas Maduro.

Sanksi untuk Iran dijatuhkan sebab menurut Trump negara itu sudah melakukan pelanggaran, termasuk melakukan serbuan terhadap fasilitas minyak Saudi. Arah dasar itu, Trump juga meminta negara-negara dunia mendukung perpanjangan penetapan senjata pada Iran yang bakal berakhir bulan depan.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)