mau-plesiran-ini-daftar-negara-yang-buka-pintu-untuk-wni-1

Sedia Plesiran, Ini Daftar Negara yang Buka Pintu buat WNI

Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah negara telah memperbolehkan wisatawan menyelundup, diantaranya Warga Negara Nusantara (WNI) di tengah pandemi yang belum usai.

Berikut daftar kaum negara yang memperbolehkan WNI untuk berkunjung, mengutip CNN  Indonesia, Minggu (19/9/2021).

1. Filipina


Tetangga Indonesia ini memperbolehkan WNI masuk sejak 6 September 2021. Adapun sebelumnya, Filipina menutup pintu untuk WNI sejak April 2021.

Negara ini serupa mencabut  larangan yang sesuai untuk warga negara Bangladesh, India, Malaysia, Nepal, Oman, Pakistan, Sri Lanka serta Uni Emirat Arab. Biar diperbolehkan, WNA harus tentu melakukan karantina selama 14 haru sejak kedatangan.


2. Malaysia

Negara yang juga tetangga Indonesia ni memperbolehkan WNI masuk meski dengan setimbal aturan ketat. Sejak 10 September 2021, WNI diizinkan masuk wilayah Malaysia mengikuti 23 negara lainnya.


3. Turki

Negara Turki mengizinkan WNI masuk dan tidak ada pembatasan selama memiliki visa yang sah. Adapun pengerjaan visa bisa melalui laman resmi www.evisa.gov.tr.


4. Arab Saudi

Negara ini telah meruntuhkan larangan masuk bagi ekspatriat dari 20 negara dalam dunia termasuk Indonesia sejak akhir Agustus 2021. Syaratnya, ekspatriat harus sudah divaksin di Arab Saudi pra pulang ke negara pokok.

Sementara itu, aturan lainnya adalah mereka harus menjalani protokol kesehatan yang berlaku ketika sudah memasuki wilayah Arab Saudi.


5. Amerika Serikat

Negeri Om Sam ini juga membuka pintu bagi WNI. Kedutaan Besar AS untuk Nusantara masih melayani aplikasi tuntutan visa untuk masuk ke AS secara normal.

[Gambas:Video CNBC]
(yun/yun)