7-bulan-lockdown-covid-ini-kondisi-terbaru-belgia-1

seven Bulan Lockdown Covid, Ini Kondisi Terbaru Belgia

Jakarta, CNBC Indonesia : Setelah hampir lebih dri tujuh bulan melakukan lockdown untuk kedua kalinya, aktivitas bisnis di Belgia sekarang mulai berjalan normal. Restoran-restoran di negeri yang terkenal akan minuman beer ini sudah menggelar meja diluar ruangan.

Walaupun tengah musim hujan, tapi beberapa café di Brussels, mulai meniti langkah mulailah kembali ke kehidupan normal, setelah lockdown. Seperti pada Chatelain, daerah restoran bar terkenal di ibu kota mulai kedatangan pelanggan, Guna mendukung bisnis lokal.

“Tipikal cuaca di Brussels”, kata Ekspatriat Amerika Amy Marshall, yang tengah mengunjungi tempat favorit nya, mengutip AFP, Sabtu (8/5/2021).


Belgia salah satu negara yang terkena dampak pandemi paling keras pada saat gelombang pertama virus itu mendunia tahun lalu. Negara melakukan lockdown lebih keras dibanding negara lain ketika gelombang kedua melanda.

Saat terkait negara sudah menyelenggarakan plan vaksinasi nasional yang mulai menunjukkan progres. Angka orang terinfeksi menurun, dan pemerintah mulai mengembalikan operasional bisnis seperti biasa.

Di Supra Bailly sebuah cafe bergaya pub yang populer dengan peminum bir dihiasi dengan selebaran yg memprotes lockdown. Jean Claude Heraals (35) harus menahan antusiasnya.

Dia ingin berpesta dengan teman seperti biasanya, tetapi untuk saat ini pesta hanya dibatasi untuk empat meja. “Hanya teh untukku, aku punya bir tapi harus bekerja siang ini, ” katanya.

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo telah menjadikan lockdown sebagai strategi menanggulangi Covid-19. Saat ini mulai membuka kembali aktivitas di teras seminggu setelah Luxembourg.

Kebijakan tersebut tampaknya berhasil tetapi tidak popular. Banyak pemilik bar percaya kalau mereka telah membuktikan kalau dapat membuka bisnisnya sebagaiselaku, ala, menurut, bertanggung jawab.

Pemerintahnya juga telah memberi dukungan, melalui pemangkasan pajak pertambahan nilai pada alcoholic beverages untuk mendukung sektor ini.

Tepatnya dalam 1 April dan sekali lagi satu bulan kemudian, ratusan pengunjung pesta yg sebagian besar adalah kaum muda yang diorganisir aktivis internet turun ke taman Brussels. Tensi sempat tinggi hingga pembubaran masa diaplikasikan polisi dengan Meriam air dan kuda.

Belgia, negara berpenduduk hanya 11, 4 juta jamaah, telah memiliki lebih dri satu juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan 24. 483 kematian sejak dimulainya pandemi. Kasus menurun, tetapi kematian harian rata-rata sekitar 39 per hari selama beberapa minggu.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)