sah-jokowi-lantik-gubernur-dan-wagub-kalsel-siapa-dia-1

Tentu! Jokowi Lantik Gubernur serta Wagub Kalsel, Siapa Tempat?

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sahbirin Noor dan M Muhidin sebagai gubernur & wakil gubernur Kalimantan Selatan di Istana Negara, pelik Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pelantikan kedua pejabat publik itu berdasarkan di surat Keputusan Presiden (Keppres) 105/P/2021 tentang Pengesahan Pengukuhan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Masa Bagian Tahun 2021 – 2024

Acara pelantikan diawali dengan penyerahan kutipan Keppres oleh kepala negara kepada Sahbirin Noor dan M. Muhidin di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan.


Proses kirab kemudian dilakukan Jokowi yang didampingi Menteri Dalam Daerah Tito Karnavian dan ke-2 pejabat dengan berjalan bermalas-malasan menuju Istana Negara. Cara kirab dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang teliti.

Jokowi lantas menanyakan kesediaan kedua penguasa sebagai gubernur dan pengantara gubernur Kalimantan Tengah sebelum diambil sumpah jabatan.

“Terlebih dahulu aku akan bertanya kepada saudara-saudar, bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?, ” kata Jokowi, Rabu (25/8/2021).

“Bersedia, ” jawab Sahbirin Noor & M. Muhidin.

Foto: Pelantikan Gubernur serta Wakil Gubernur Kalimantan Daksina Masa Jabatan 2021-2024, 25/08/2021.
Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Masa Jabatan 2021-2024, 25/08/2021.

Jokowi kemudian menodong kedua pejabat publik mengikuti dan mengulangi sumpah kedudukan yang dibacakan di aliran para tamu undangan.

“Demi Allah aku bersumpah akan memenuhi kegiatan saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, memegang teguh Peraturan Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya secara selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat nusa dan keturunan, ” kata Jokowi dengan diikuti kedua pejabat.

Sebagai informasi, kirab pelantikan sendiri dihadiri dengan tamu undangan yang terbatas. Hadir di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Dasar dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

[Gambas:Video CNBC]
(cha/cha)