terungkap-ini-alasan-ojek-online-jadi-langka-saat-lebaran-1

Terungkap! Ini Alasan Ojek Online Jadi Langka Saat Lebaran

Jakarta, CNBC Indonesia – Driver ojek online (ojol) enggan bekerja dalam hari Lebaran tahun itu. Menurut Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Perut (Garda) Indonesia Igun Wicaksono, hal tersebut disebabkan oleh lenyapnya bonus untuk driver ojol.

Igun menyebut driver lebih mengangkat untuk menghabiskan waktu beserta keluarga di Idul Fitri karena perusahaan ojol tidak memberi insentif kepada mitranya. Oleh karena itu, calon penumpang kesulitan mendapatkan layanan sejak Kamis, 13 Mei lalu.

“Jadi semenjak dikurang-kuranginnya bonus jadi menurunkan teman-teman ojol buat mencari order. Apalagi ini sedang hari raya sungguh, jadi lebih banyak yang memilih bersama keluarga dibanding narik, ” ujarnya kepada CNNIndonesia. com melalui telepon pada hari Jumat, 14 Mei.


Menurut Igun, banyak driver tidak lagi sesemangat dulu akibat pemangkasan bonus yang diberikan perusahaan aplikasi ojol. Malah, Igun menyatakan pengorbanan driver menurun karena mereka mulai kesusahan mendapatkan penerimaan lebih, walaupun tetap melacak bonus.

“Artinya perlu effort lebih untuk bisa dapat bonus, namun kalau di hari raya ya itu order nggak terlalu banyak. Jadi, narik pun tidak banyak yang tidak bisa dapat tambahan, ” jelas Igun.

Igun menghimbau kepada perusahaan praktik ojol untuk memperhatikan kesejahteraan mitranya. Ia menjelaskan, pada akhirnya, pelanggan juga bakal terdampak oleh layanan dengan kurang cukup.

Tetapi Igun memprediksi bahwa normalitas akan berlanjut di dalam Senin, 17 Mei mendatang.

Di bagian lain, Senior Vice President Corporate Affairs Gojek Rubi Purnomo menyatakan pihaknya berkomitmen akan mempertemukan pelanggan dengan mitra untuk menghadirkan solusi. Rubi menyatakan akan bersemuka di hari libur nasional dan hari besar keyakinan.

Rubi menyuarakan, Gojek telah memberikan agenda special Hari Raya untuk memastikan ketersediaan layanan pelanggan pada Hari Raya Idul Fitri. Rubi menjelaskan rencana special tersebut adalah suatu penawaran pendapatan khusus buat mitra yang bekerja di hari itu. Program tersebut dinyatakan berlanjut mulai 11 Mei lalu.

“Gojek juga memiliki agenda khusus bagi mitra driver, yaitu program Swadaya dengan ditujukan untuk memberikan jalan kepada mitra driver menaikkan pendapatan dan mengurangi bea operasional sehari-hari melalui berbagai inisiatif dan program yang dapat dinikmati oleh pacar driver beserta keluarganya, ” jelasnya.

Berita selengkapnya simak halaman berikut tersebut > > > > > > > > > > > >

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)