transaksi-bursa-rekor-rp24-t-8-emiten-nego-misterius-rp10-t-1

Transaksi Bursa Rekor Rp24 T, 8 Emiten Nego Misterius Rp10 T

Jakarta, CNBC Indonesia – Transaksi dalam pasar saham domestik balik tembus di atas Rp 20 triliun. Hari tersebut, Kamis (30/9), perdagangan diwarnai dengan ramainya asing yang bertransaksi di pasar kesepakatan.

IHSG berhasil finis dengan kritik 2, 02% di level 6. 286, dengan kadar transaksi harian Rp 23, 92 triliun dan volume perdagangan 27, 45 miliar saham.

Bahan BEI mencatat, investor aneh mencatatkan aksi beli suci sebesar Rp 1, 94 triliun di pasar reguler, tetapi net sell sebesar Rp 5, 8 triliun di pasar negosiasi.


Data perdagangan  juga menunjukkan ada 8 saham yang ditransaksikan di pasar negosiasi.

Berikut ini adalah tambo transaksi saham di pasar negosiasi untuk hari ini:

Pertama ada saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) dengan jumlah transaksi mencapai Rp 188, 4 miliar.

Jumlah saham ARTO yang ditransaksikan di pasar negosiasi mencapai 120 ribu lot (12 juta saham) dengan harga transaksi Rp 15. 700/unit yang merupakan transaksi tutup sendiri oleh investor asing yang menggunakan broker PT Indo Capital Sekuritas (IU).

Transaksi saham ARTO terjadi mengiringi sesama investor asing. Merespons transaksi ini harga saham ARTO di pasar reguler naik 1%.

Kedua ,   ada juga transaksi nego jumbo senilai Rp 6, 4 triliun di saham PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK).

Sebanyak mutlak 21 juta lot (2, 1 miliar) saham BANK ditransaksikan di pasar perjanjian di mana sebagian tinggi dilakukan di harga Rp 3. 000/unit oleh investor lokal yang menggunakan makelar PT BNC Sekuritas (GA) dan asing yang menjajakan melalui PT NH Korindo Sekuritas (XA).

Selain itu investor lokal yang menggunakan broker PT Aldiracitra Sekuritas (PP) membeli dari investor lokal yang menggunakan calo PT Sinarmas Sekuritas (DH) di harga Rp 2. 940/unit. Saham BANK ditutup menguat 0, 34% keadaan ini.

Ketiga , ada saham PT Kartika Oto Global Tbk (BOGA) yang ditransaksikan di pasar negosiasi antar investor domestik.

Sebanyak 1, 24 juta lot saham BOGA ditransaksikan di harga rata-rata Rp 1. 379/unit. Nilai pembicaraan mencapai Rp 214, 6 miliar. Di pasar reguler harga saham BOGA terbang 1, 43%.

Keempat , saham emiten perkumpulan sepak bola PT Bali United Tbk (BOLA) selalu tak luput ditransaksikan dalam pasar negosiasi. Ada transaksi tutup sendiri (crossing) bagian BOLA di pasar kesepakatan sebanyak 5, 88 juta lot di harga rata-rata Rp 730 sehingga jumlah transaksinya mencapai Rp 492, 2 miliar.

Seperti bagian BOGA, investor domestik lah yang bertindak sebagai bagian yang bertransaksi di rekan negosiasi. Merespons transaksi itu harga saham BOLA bangkit 1, 44% pada penutupan perdagangan hari ini.

Kelima , saham PT Multipolar Tbk (MLPL) juga diperdagangkan di pasar perjanjian. Sebanyak 4, 77 juta lot saham MLPL ditransaksikan di harga rata-rata Rp 540/unit dengan nilai menyentuh Rp 258 miliar.

Investor asing terpantau menjadi bagian yang membeli saham MLPL dari investor domestik. Kehormatan saham MLPL ikut terangkat 5, 56% hari ini.

Selanjutnya keenam , ada saham PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) yang memiliki usaha ritel secara nama Ranch Market.

Ada transaksi saham RANC sebesar 80 ribu lot di harga rata-rata Rp dua. 548/unit. Nilai transaksinya tercatat mencapai Rp 2, 05 triliun.

Pihak-pihak yang mentransaksikan saham RANC di rekan negosiasi merupakan investor pribumi yang menggunakan broker PT BCA Sekuritas Tbk (SQ). Harga saham RANC ditutup naik 3, 42% hari ini.

Ketujuh , terpantau saham PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA) kembali ditransaksikan di pasar kesepakatan. Hari ini sebanyak 158 ribu lot saham SMMA diperdagangkan di harga sama Rp 10. 712/unit secara nilai transaksi mencapai Rp 168 miliar.

Tercatat langka membeli saham SMMA sebab investor domestik. Sudah 3 hari beruntun saham SMMA diperdagangkan di pasar perjanjian antara asing dan investor domestik. Total transaksinya mencapai lebih dari Rp 1 triliun.

Namun saham SMMA cenderung tidak likuid di pasar reguler. Hari ini hanya 3 lot saham SMMA yang ditransaksikan di pasar reguler dan harganya stagnan.

Kedelapan , ada saham PT United Tractors Tbk (UNTR) yang diperdagangkan di pasar kesepakatan. Sebanyak 78 ribu lot saham UNTR ditransaksikan dalam harga rata-rata Rp 25. 789/unit dengan nilai transaksi mencapai Rp 201, enam miliar.

Asing bertindak sebagai penjual dan pembeli di transaksi ini. Hingga penyudahan perdagangan harga saham UNTR ditutup menguat 1, 96%.

Secara keseluruhan transaksi di pasar negosiasi hari itu mencapai Rp 9, 97 triliun hari ini, sehingga secara keseluruhan nilai pembicaraan yang mencapai Rp 23 triliun juga ditopang oleh ramainya perdagangan di pasar negosiasi.

TIM RISET CNBC NUSANTARA

[Gambas:Video CNBC]
(tas/tas)