Trump Kembali Tantang Corona, Biden Ingatkan Soal Kematian

Trump Kembali Tantang Corona, Biden Ingatkan Soal Kematian

Jakarta, CNBC Indonesia kacau Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat,   Joe Biden, mengecam postingan terbaru melayani politiknya Presiden Donald Trump menimpa virus corona (Covid-19). Sebelumnya, Trump dinyatakan positif terpapar virus ini sejak pekan lalu.

Ia bahkan mengkritik pesan terbaru Trump yang meminta rakyat pasti keluar rumah tapi tidak meluluskan penekanan pada pentingnya masker dimanfaatkan. Biden menyindir calon Partai Republik itu seraya memintanya mengingat sudah berapa banyak kematian warga AS akibat virus.


“Saya melihat tweet yang dia (Trump) lakukan, dia berkata ‘jangan biarkan Covid-19 mengendalikan hidup Anda’. Katakan itu kepada 205. 000 keluarga yang kehilangan seseorang (akibat corona), ” kata Biden kepada stasiun berita Florida, Local 10, dikutip dari AFP , Selasa (6/10/2020).

“Saya berharap presiden, setelah melalui apa yang dia alami, akan mengkomunikasikan pelajaran yang tepat kepada rakyat Amerika: masker tersebut penting. Masker ini, penting. Itu penting, menyelamatkan nyawa, mencegah penyaluran penyakit, ” kata Biden.

Penjelasan Biden datang hanya beberapa menit setelah Trump mengakhiri periode empat hari perawatan Covid-19 di induk medis militer Walter Reed pada Maryland untuk kembali ke Gedung Putih, dan dengan berani melepas masker saat dia berdiri di balkon rumah.

“Ini perhatian besar. Saya harap tidak ada yang meninggalkan pesan secara berpikir bahwa itu bukan masalah, ” tutup Biden.

Dalam sebuah video berdurasi 1 menit 26 detik yang diunggah @realDonaldTrump di Twitter pada Selasa (6/10/2020) pukul 06: 59 WIB, Trump menjelaskan jika ia bersekolah banyak mengenai virus corona dan mengatakan kepada warga AS buat mengalahkan virus corona.

Berikut pernyataan lengkap Trump di dalam video tersebut:

“Saya belajar banyak tentang virus corona. Hal yang paling penting jangan biarkan dia mengalahkan Anda. Jangan takut, kita harus mengalahkannya. Kita punya tenaga kesehatan ulung, obat-obatan terbaik, dan yang sedangkan dikembangkan. Anda harus mengalahkannya.

Saya apalagi sudah boleh keluar dari sendi sakit dua hari lalu. Aku merasa lebih baik, bahkan bertambah sehat dibandingkan 20 tahun dengan lalu. Jadi jangan biarkan dia mendominasi dan mengambil alih hidup Anda. Kita harus kembali bekerja”.

AS saat ini menduduki posisi pertama dengan kejadian corona terbanyak di dunia, dengan 7. 679. 644 kasus membangun, 215. 032 kematian, dan 4. 895. 078 pasien berhasil sembuh, menurut data Worldometers .

Sebelumnya berpatokan polling Reuters/ Ipsos mayoritas masyarakat Amerika bekerja Trump sebetulnya dapat menghindari infeksi Covid-19. Terutama, jika dari mula ia menganggap serius virus dengan nama resmi SARS-CoV-2 tersebut.

Trump telah berulang kali menolak keparahan pandemi, bahkan memandang enteng Covid-19 sebagai sesuatu dengan akan hilang dengan sendirinya. Dia bahkan mencela Biden karena menggunakan masker saat debat perdana belum lama ini.

Di antara masyarakat dewasa yang diperkirakan hendak memberikan suara dalam pemilihan kepala pada 3 November mendatang, survei tersebut menemukan bahwa 51% menjunjung Biden, sementara 41% mengatakan mereka memilih Trump.

Tatkala 4% lainnya memilih kandidat sejak pihak ketiga. Sedangkan 4% lainnya mengatakan mereka ragu untuk menunjuk calon presiden dari partai yang mana.

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)