whatsapp-kini-bisa-sembunyikan-chat-tanpa-blokir-kontak-1

WhatsApp Kini Bisa Sembunyikan Chat Tanpa Blokir Kontak

Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan aplikasi pesan instan, WhatsApp Inc. kembali mengumumkan fitur baru untuk arsip chat tanpa perlu blokir kontak.

Pengaturan baru ini memungkinkan pengguna untuk membisukan (mute) chat yang diarsipkan saat menerima pesan baru dari utas pesan tersebut. Artinya semua obrolan yang diarsipkan akan tetap tersimpan permanen.

“Arsip di WhatsApp memungkinkan mengatur pesan pribadi dan memprioritaskan chat penting. Arsip Chat akan tetap diarsipkan dan mute namun Anda tetap bisa mengubahnya kembali, ” tulis WhatsApp dalam akun Twitternya, dikutip Rabu (28/7/2021).


Dikutip dari Gadget NDTV, arsip chat yang tersimpan nantinya bisa dibatalkan secara manual.

Dalam blog yang ditulis WhatsApp mengatakan tujuan fitur ini untuk memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas chat yang masuk dalam platform mereka, serta tetap berada di atas chat terpenting pengguna.

Sebelum ada pembaruan ini, utas obrolan individu dan grup yang diarsipkan bisa dibatalkan jika pengguna mendapatkan pesan baru dalam chat itu.

Menurut WhatsApp, banyak pengguna yang ingin pesan tetap diarsipkan dan tersembunyi dari pesan biaya di Folder Archived Chats. Itulah sebabnya perusahaan membawa perubahan itu pada pengaturan arsip.

Pengguna bisa melakukan arsip chat individu dan grup yang tidak diinginkan dalam daftar. Lalu secara default WhatsApp akan memisahkan chat yang diarsipkan meski nanti ada pesan baru.

Dengan begitu pengguna tidak mendapatkan notifikasi apapun dari pesan yang diarsipkan, kecuali mereka di-mention atau membalas pesan.

Untuk menonaktifkannya, pengguna bisa masuk ke opsi Keep Chat Archived yang ada di menu Chats pada aplikasi.

Kemampuan ini sudah diuji coba pada April 2019 lalu dan tersedia untuk beberapa pengguna iPhone minggu lalu. Saat ini sudah diluncurkan untuk pengguna iOS dan Android, pastikan juga aplikasi WhatsApp yang tersedia sudah dalam versi terbaru.

[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)